Friday, March 09, 2012

Cikal bakal Google AdSense Dan Google AdWords


Google AdSense Dan Google AdWords

Sebelum mengenal Google AdSense lebih jauh, sebaiknya anda mengenal Google AdWords yang merupakan cikal bakal kelahiran Google AdSense. Google AdWords adalah program periklanan yang ditawarkan Google kepada pemilik situs yang ingin mempromosikan situsnya. Caranya adalah menampilkan tautan (link) situs pemasang iklan dalam situs pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu. Sebagai contoh, jika kita melakukan pencarian di Goole dengan kata kunci " cancer ", selain hasil pencarian, di seperempat bagian sebelah kanan halaman Google biasanya muncul tautan sponsor (sponsored link). Tentu saja para pemasang iklan dikenai sejumlah biaya, bergantung pada kepopuleran kata kunci yang dipilihnya.

Namun, Google menyadari bahwa meskipun sekarang menjadi mesin pencari nomor satu di dunia, tidak semua pengguna internet memakai Google sebagai mesin pencari. Artinya, iklan di Google AdWords belum di jangkau oleh seluruh pengguna internet. Oleh karena it, Google menawari para pemilik situs untuk memasangkan iklan Google AdWords di situs mereka degan pola bagi hasil. Progaram tersebut Dinamakan Google AdSense. Jika ada seseorang mengunjungi situs penayang AdSense dan mengklik iklan yang ada di situs tersebut, pemilik situs akan mendapatkan komisi dari Google. Metodepembayaran komisi seperti itu biasa si sebut PPC (pay per clik) atau di bayar per klik.

Komisi yang didapatkan penayang Google AdSense bergantung pada iklan yang di tempatkan di situsnya. Harga PPC di tentukan oleh harga kata kunci, sedangkan harga kata kuncidi tentukan oleh pemasang iklan AdWords. Sebagai contoh, kata kunci " welding " hanya di hargai $0.5 per klik, sedangkan kata kunci " insurance " bisa di hargai hingga $30 per klik. Kata kunci yang bernilai tinggi di sebut HPK ( High Paying Keyword ). Situs-situs  dengan topik spesifik dari kata kunci tertentu di sebut situs Niche. Contoh situs niche adalah http://www.weldingengineering.com ( dengan topik welding ).

Bayangkan jika kita mempunyai situs yang di kunjungi seribu orang perhari  Asumsikan ada sepuluh persen pengunjung yang mengklik iklan dengan komisi $1 per klik. Dengan persentase itu, kita bisa menghasilkan $100/hari atau $3.ooo/bulan. Lumayan bukan ? Jumlah itu jauh lebih tinggi, dari pada gaji fresh graduate. Seandainya kita mempunyai sepuluh situs serupa, hitung saja penghasilannya

No comments:

Post a Comment

Entri Populer