Saturday, March 10, 2012



 

Istilah-istilah dalam Google AdSense

Sebelum mendaftar untuk jadi penayang Google AdSense. Anda harus mengerti istilah-istilah yang terdapat dalam Google AdSense. Istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Penayang (Publisher)
Penayang adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dengan Google AdSense dan telah memasangkan iklan AdSense di blok atau situs webnya.


2. Unit Iklan (Ad Unit)
Unit iklan merupakan salah satu jenis iklan AdSense. Unit iklan terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks (teks ads). Pada saat pengunjung mengklik unit iklan dan klik itu valid, penayang akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan harga per klik atau nilai CPC (Cost Per Clik).

3. Unit Tautan (Link Units)
Unit tautan hampir sama dengan unit iklan. Formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui pada beberapa situs web. Yang membedakan unit tautan dengan unit iklan adalah arah yang dituju pengunjung setelah pengunjung mengklik tautan. Pada saat pengunjung mengklikunit tautan, ia di arahkan pada halaman hasil pencarian di mesin pencari Google. penayang baru mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu unit iklan yang ada di halaman blognya. Dalam praktiknya, unit tautan terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibanding unit iklan.

4. AdSense Untuk Konten ( AdSense For Content)
Yang dimaksud AdSence untuk konten adalah iklan AdSense yang dipasang pada suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Unit iklan atu unit tautan termasuk AdSense untuk konten.

5. Iklan Alternatif (Alternatif Ads)
Jika stok iklan yang berhubungan dengan isi suatu situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan isi situs, secara default, Google menampilakan iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, klik terhadap iklan layanan masyarakat tidak menghasilkan apa-apa bagi penayang. Tentu saja bagi sebagian penayang, penampilan iklan tersebut menjadi masalah. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan penayang melakukan setting terhadap unit iklan dengan menggunakan iklan alternatif. Jika unit iklan tidak bisa ditampilkan, iklan yang muncul adalah iklan alternatif yang tersetting dalam unit iklan.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer